Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

ABK Kapal Terbakar Dirawat Intensif

ABK Kapal Terbakar Dirawat Intensif
ABK Kapal Terbakar Dirawat Intensif Kapal layar motor (KLM) "Lasmini" yang mengangkut BBM dengan tujuan Pulau Sepudi Sumenep terbakar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jumat (12/4/2013).

Seorang anak buah kapal (ABK) kapal layar motor (KLM) Lasmini dirawat di Rumah Sakit Islam Kalianget, Sumenep, setelah mengalami luka bakar akibat kebakaran yang melanda kapalnya tersebut di Pelabuhan Kalianget, Jumat (12/4/2013).

ABK bernama Ahmad (19) itu mengalami luka bakar di lengan kanan, bahu kiri, dan kedua kakinya. Kapolsek Kalianget, Ajun Komisaris Suwardi menuturkan,  Ahmad sedang menghidupkan mesin kapal, namun saat itu muncul percikan api yang kemudian menjilat ceceran BBM yang diangkut kapal.

"Kobaran api yang langsung membesar menyulitkan korban untuk menyelamatkan diri. Beruntung hanya sebagian tubuhnya saja yang terkena api," kata Suwardi.

Dengan tubuh terbakar, Ahmad berhasil keluar dari dalam kapal dan langsung melompat ke laut. Empat teman lainnya juga sempat terjun ke laut untuk menyelamatkan diri.
Sebelumnya, KLM Lasmini yang mengangkut 54 drum BBM, terdiri dari 54 drum solar dan 14 drum premium dengan tujuan Pulau Sepudi, mengalami kebakaran di Pelabuhan Kalianget, Jumat 912/4/2013). Kebakaran itu menghanguskan seluruh kapal dengan seluruh isinya. Api baru bisa dipadamkan dengan bantuan dua mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Sementara Ahmad dirawat di RS, para ABK lainnya diperiksa di Polsek Kalianget. Suwardi mengungkapkan, hasil pemeriksaan sementara menunjukkan tidak ada unsur kesengajaan dalam kebakaran tersebut. 

Pimpinan Kepolisian Sektor Kalianget, Kabupaten Sumenep, menyatakan kapal yang terbakar di pelabuhan setempat mengangkut sekitar 13.600 liter bahan bakar minyak (BBM).
"Sesuai data yang kami peroleh, kapal tersebut mengangkut 68 drum BBM dengan rincian 54 drum berisi solar dan 14 drum premium. Masing-masing drum berisi sekitar 200 liter BBM," kata Kapolsek Kalianget AKP Suwardi di Sumenep, Jumat (12/4/2013).
Kapal Layar Motor (KLM) Lasmini yang mengangkut 68 drum BBM itu terbakar di Dermaga III Pelabuhan Kalianget pada Jumat pagi sekitar pukul 04.00 WIB. "Informasi yang kami terima, BBM yang terbakar itu milik H Asmuni, warga Kecamatan Nonggunong, Pulau Sapudi. Rencananya, kapal tersebut mau berlayar ke Pulau Sapudi untuk mengangkut BBM tersebut," ujarnya.
Namun, kata dia, kapal tersebut mengalami kebakaran sebelum berlayar ke Pulau Sapudi atau posisinya masih sandar di Dermaga III Pelabuhan Kalianget.
"Penyebab pasti asal-muasal api yang membuat kapal tersebut terbakar masih dalam penyelidikan. Semuanya masih dugaan," paparnya.
Suwardi juga mengemukakan, api yang berkobar di kapal terbakar itu berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 06.45 WIB.
"Setelah kami cek satu per satu, jumlah awak kapal terbakar tersebut sebanyak lima orang. Satu dari lima awak kapal itu mengalami luka dan sekarang dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Kalianget," katanya.

0 Response to "ABK Kapal Terbakar Dirawat Intensif"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah