Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Cara Hitung Error Compass : True Azimuth

Cara Hitung Error Compass Model True Azimuth
Melanjutkan cerita saya mengenai cara hitung error compass pada postingan saya sebelunya salah satu janji saya adalah “True Azimuth”
True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau Norie`s Nautical Tables atau calculator menggunakan formula / rumus.

Pada STEP II. True Azimuth ini,
Perlu pahami bahwa True Azimuth bisa anda dapat apabila ada 3 macam hal lain terlebih dahulu sudah anda ketahui.
3 hal yang saya maksudkan adalah: LHA matahari, Lintang anda, dan Declinasi matahari. Itu saja tiga poin tersebut apabila anda telah ketahui maka kita bisa mendapakan True Azimuth.

Penjelasan singkat:
  1. LHA matahari di dapat dari Nautical Almanac dengan sedikit perhitungan kecil tidak ada nories nautical tables atau tabel apa pun di butuhkan disini. Murni hanya nautical almanac.
  2. Posisi Lintang Observasi di dapat dari posisi GPS kapal anda.
  3. Declination di dapat dari Nautical Almanac dengan tambahan sedikit koreksi. ini juga tidak di butuhkan nories table.

Nah dari 3 poin tersebut di atas yang sudah anda ketahui tentu adalah poin nomor 2 “Posisi Lintang Observasi” ( karena anda langsung nyontek dari GPS kapal )
Tetapi poin no.1 dan 3 belum anda ketahui. Betul ?

Oke, untuk urain poin no.1 dan 3 ( LH.A dan Declinasi ) ada pada postingan terpisah.
Setelah anda mengetahui ke tiga hal yang saya maksud tersebut, maka hasil nya adalah seperti ini ( Uraian perhitungan LHA di lihat pada postingan lain yang saya maksud) di bawa ini adalah hasil nya:
LHA matahari : 64°
Lintang : 03° N
Declinasi : 20° N

Untuk mendapatkan True Azimuth, nah disini baru keluarkan buku tabel “Nories Nautical Tables”.
Almanac tidak lagi di butuhkan. Jauhkan dan singkirkan dari meja anda itu hanya membuat konsentrasi anda boyerrr..
oke langsung saja ya saya tulis sebelum nya bleng seperti ini:
A :
B :
C :
True Azimuth :
True Azimuth :

Anda membuka Daftar “Nories Nautical Tables”  truss… anda dapat hasil sbb:
A : 0.03 S
B : 0.40 N ( – )
C : 0.37 N
True Azimuth : N 69.7° W
True Azimuth : 360° – 69.7° = 290.3° T

Akhir nya anda telah mendapat True Azimuth.
Wah paya nih mas arnold maen langsung – langsung aja. Gmana jalan nya kok tiba – tiba telah mendapat True Azimuth. pake ABC segalah lagi..!! emang mi goreng ABC apa??. ya paya. “kurang mantap”.. he2thumbs_down
mie sedap kali kurang mantap.
ini nih ketahuan yang abis jaga suka buat mie pake telor. Pantas koki nya suka “merajuk” kata orang melayu.. abis yang suka buat mie AB gak Officer piring pada banyak numpuk gk ada yg mau nyuci. yang merasa ya. di kapal suka nyesalin koki ntar masak nya gak enak lho.smile_zipit
ok kembali ke topik..
Ok jadi sabar fren,, saya hanya mengarahkan cara berpikir anda memahami gaya penjelasan ku.
maka saya jelaskan:
Pertama:
Anda telah mendapat LHA matahari : 64-02.6,  Lintang : 02-31.2 N, Declinasi : 20-03.2 N (lihat di atas)

Kedua:
Selanjut nya ambil lah buku "NORIE`S NAUTICAL TABLES" bawa kemari semua macam2 buku di atas meja jauhkan yang ada hanyalah "NORIE`S NAUTICAL TABLES" di atas menja. Kemudian bukalah di halaman buku tersebut cari daftar A.B.C Azimut, letak halaman nya kira2 berada di tengah halaman ke akhir halaman buku dengan bagian BAB. CELESTIAL NAVIGATION. Sudah temukan?? Selanjutnya silahkan di isi isian bagan kosong di atas. perhatikan pada kolom yang anda sebut Mie goreng ABC.

Penjelasan untuk A
0.03 di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Lintang (Lihat Gambar: Table-A)
Mengapa di belakang angka 0.03 ada tanda S ? alasan nya karena Lintang adalah N. Hukum nya, A ini sebutan nya selalu belawanan dengan Lintang. maka apabila Lintang N berarti sebutan A harus lah  S artinya berlawanan. perhatikan baik2..

Table-A
                                        ( Gambar: Tables-A ) Norie`s Nautical Tables



Penjelasan untuk B
0.40 di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Declinasi matahari (Lihat Gambar: Table-B)
Mengapa di belakang angka 0.40 ada tanda N ? Alasan nya karena Declinasi adalah N. Hukum nya, B ini sebutan nya selalu senama dengan Declinasi. Maka apabila Declinasi N berarti B ini penyebutan nya harus N juga artinya selalu senama.
(sampai disini gmana? gampang yah.. saya sudah pernah bilang sesuatu pekerjaan terkesan sulit kalo belum tau. Tetapi kalo uda tau yahh segitu aja. iakan? bagaimana dengan maneuver tugboat gandeng tongkang. sulit gk?? kalo belum pernah jangan coba-coba. praktek dulu atau latihan main game perang sebelum sungguh2 berperang).

Table-B
      
                     ( Gambar: Table-B )  Norie`s Nautical Tables



Penjelasan untuk C
0.37 (bukan di dapat dari Norie`s Nautical Tables) tapi di dapat dari Penjumlahan atau Pengurangan A dan B. Hukum nya apabila A dan B senama maka di jumlahkan kedua nya. Tetapi apabila tidak senama maka di kurangkan.
Mengapa di belakang angka 0.37 ada tanda N ? alasan nya penyebutan di C ini akan otomatis mengikuti penyebutan A atau B salah satu yang memiliki nilai paling besar.

Penjelasan untuk True Azimuth ( perhatikan di atas )

mengapa tertulis seperti ini,  N 69.7° W (perhatikan di atas)
69.7° di dapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument C dan Lintang.
Perhatikan baik – baik dengan argument 0.37 dan lintang. Maka angka ini anda cari di Norie`s Nautical Tables pada Daftar C. cari angka 0.37 ada di sana. Lihat paling atas sekali cari di semua halam Daftar C. apabila sudah ketemu, kemudian tarik pandangan ke bawa sejajar dengan lintang 03°  maka anda mendapat angka ini, 69.7 Sudah dapat, catat, tulis di kertas orek2an anda dengan di tambahkan  penyebutan nya sehingga jadi seperti ini: N 69.7° W saya jelaskan sedikit… mengapa ada N?  alasan nya karena C adalah N. Mengapa W ? alasan nya karena LHA. karena nilai LHA masih di antara 000° – 180° . Namun apabila LHA nilai nya di antara 180° – 360° berarti penyebutan nya E.

Untuk lebih memudahkan pemahaman anda saya sertakan gambar,  Daftar C lihat gambar
 Table-C
                         ( Gambar: Table – C ) Norie`s Nautical Tables



Catatan:
Pengalaman saya sejauh saya mengamati matahari, saya hanya bisa mengambil error kompas dan dapat mengambil error kompas dengan LHA matahari hanya antara 270° – 360° itu adalah letak matahari dari matahari terbit di timur sampai dengan siang hari tegak lurus di atas kepala anda. kemudian 000° – 090° ini adalah sudut jam matahari di atas kepala anda sampai dengan matahari terbenam di barat… kemungkinan anda bisa mendapat LHA lebih dari contoh saya di atas apabila anda berlayar di atas Lintang 10°N ke dibawa Lintang 10°S anda bisa mendapatkan LHA lebih dari ketentuan saya di atas dengan catatan Declinasi hampir sama dengan Lintang Anda, maka tentu terasa matahari libih lama bersinar daripada terbenam. Tetapi apabila anda berlayar hanya di sekitar khatulistiwa saja maka LHA anda tidak akan jauh dari patokan saya tersebut. Jadi apabila anda menulis LHA tidak di antara 270° – 360° dan 000° – 090° itu artinya anda ulangi lagi perhitungan LHA anda karena salah.
Tetapi apabila memang perhitungan LHA anda tetap hasil nya di luar jauh dari pada 000° – 090° dan 270° – 360°, berararti anda barangkali memang betul juga,,??i
Hanya saja perluh panggil Captain karena kemungkinan anda mengidap ganguan jiwa melihat matahari pada malam hari.. atau mungkin isu kiamat 2010 betul terjadi bumi tidak lagi perputar. hehe2 just kidding.
JAdi maksud saya LHA di luar dari pada yang saya sebutkan, itu adalah LHA matahari di bawa cakrawala maya / horizon. uda gk nampak matahari mana mungkin anda bisa baring matahari. okee..
maka saat keluarkan ilmu perbintangan anda….
Mari kembali ke topik.. hhmm ..Ilmu bintang lain pembahasan ya.!! tenang aja masi banyak Ilmu gw yang mau w bagi2 smile_omg
 
Penjelasan untuk True Azimuth ( perhatikan ini adalah final )
Setelah anda mendapkan True Azimuth adalah N 69.7° W anda perluh lagi mengkonversi ke dalam penyebutan standar arah mata angin. maksud nya begini aku lupa juga bagaimana cara penyampaian ya. Jadi bagaimana itu (N 69.7° W) bisa di sebut cukup 001° atau 070° atau apa aja sampai 360° jadi tidak ada lagi di pake N dan W.
ayoo.. gimana: ahh taulah ya maksud nya.
Kalo anda belum nyambung juga ya payah… mari ikuti saya:

NW artinya : 360° ke 270° betul ya.
NE artinya : 000° ke 090°
SW artinya : 180° ke 270°
SE artinya 180° ke 090°
betul ya—- trus sumber nya dari sini.
N = North = 360°
W = West = 270°
S = South = 180°
E = East = 090°

Jadi kalo penyebutan ya N 69.7° W
Berarti 360° – 69.7° = 290.3° T
tanda T hanya penekanan saja bahwa  T (True Azimuth) tidak ada aturan yang mengatur.

Ok, maka kita sudah mendapat True Azimuth. untuk mendapatkan Error kompas seperti yang sudah saya katakan kita harus menyelesaikan 2 tugas pokok yaitu:
  1. Compas Azimuth sudah kita dapat adalah : 291° (lihat pada postingan lain cara mendapatkan compass azimuth)
  2. True Azimuth sudah kita dapat juga adalah : 290.3°

Setelah sudah dapat kedua pentolan itu mari kita jabarkan hingga ketemu Error kompas
Buatlah di buku cakaran anda seperti ini(Lihat Gambar: Error-calculation )
sudah saya masukin pada bagan singkat di bawa silahkan di bayang – bayangkan.
bagan macam itu bukan dari kampus seperti dosen ku pak bekti ajarin.
Bagan ini cara komplet penyelesaian 3 macam error kompas di kapal sekaligus dalam satu perhitungan dan saya rasa ini paling mudah di pahami ketimbang di kampus. Dapat ilmu dari mas Suwondo. thks gk siah2 dulu cadet di kapal lokal ilmu foreign going.
 Error-calculation-4
                                       (Gambar: Error-calculation )
Catatan: untuk tanda penulisan pada Gyro Compass bukan untuk magnetik, itu harus anda tulis dengan tanda L atau H. Artinya ;
L = West,
H = East
dari gambar di atas bisa di baca

Error Gyro = 0.7° L
Error Standard kompas  =  2.7° W
Error Steering = 0.7° L
Variasi di peta tahun 2010 adalah: 0.3° W   (klik  disini untuk melihat contoh)
Deviasi  Gyro = 0.4° L
Deviasi  Standard kompas  =  2.4° W
Deviasi Steering = 0.4° L
Selanjut nya tinggal anda pindahkan hasil di atas ke buku Jurnal Kompas Error.
Selesai. 
Cara Hitung Error Compass : True Azimuth

0 Response to "Cara Hitung Error Compass : True Azimuth"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah