Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Cara Menghitung Error Kompas

Cara Menghitung Error Kompas
Saya akan bercerita sedikit tentang  bagaimana mencari Error Kompas, tapi pasti kawan2 suda pada taulah … Ok. Ini versi ku nanti akan saya uraikan begitu santai dalam 2 atau 3 bagian postingan secara terpisah supaya teman2 yang belum paham benar akan mengerti Menghitung Error Compass.
Apa itu TRUE AZIMUTH dan COMPASS AZIMUTH, metode perhitungan menggunakan "NORIE`S NAUTICAL TABLES" dan juga calculator dengan menggunakan formula atau rumus.
Yang menjadi poin pertanyaan saya hingga masala error kompas ini saya tulis adalah “Sudah kah anda mengerjakan minimal salah satu Deck Officer di anjungan untuk mengisi buku jurnal kompas dengan prosedur perhitungan mulai dari membaring matahari sampai pada orek2an di atas kertas hingga mendapat baringan sejati matahari atau True Azimuth”.
Persoalan:
Banyak kita yang sibuk terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia benar – benar melaksanakan nya. Maka alhasil nya adalah "malas" dan "banyak pekerjaan" tidak sempat mengambil error kompas begitu alasan nya.


Pengalaman pribadi…. saya waktu join pada salah satu kapal tanker asing kebetulan crew nya adalah berkebangsaan Indonesia dan beberapa Philiphin dan Malaysia. Mualim nya campur ada Philiphin dan juga Indonesia termasuk saya. Nah masalah yang jadi perhatian saya adalah di anjungan seorang teman bilang begini "Bagaimana cara menghitung error kompas di kapal ini menggunakan Norie`s nautical tables, saya benar belum paham menggunakan nya. Saya dulu mempelajari nya di sekolah dengan menggunakan Daftar Ilmu Pelayaran atau DIP" Ujar teman saya.
Nah jadi kawan saya betul…. di Indonesia yang di ajarkan dosen menggunakan Daftar Ilmu Pelayaran DIP sedangkan di kapal yang ada Norie`s Nautical Tables.. Ayo jadi repot kan..?? Yang disalahkan dosen nya apa system kurikulum kita….?! Soalnya nggak real apa yang kita temui di lapangan dengan apa yang di ajarkan di bangku kuliah. smile_embaressed
Ahh bodo yang di cari duit bukan jadi Ahli Nautical di kapal…..smile_omg
Padahal jelas – jelas menyandang gelar ANT Ahli Nautika Tingkat .. berapa ayoo… yang bergelar tingkat tinggi harus bisa tanggung jawab ya atas gelar nya. he2 becanda boss jangan tersinggung.
Jadi begini menurut paham saya ini hanyalah masalah tabel "Daftar Ilmu Pelayaran" atau "Nories Nautical Tables" Saya anggap sama saja tapi yang berbeda hanya tata letak logaritma nya sehingga membingunkan bagi yang belum pernah untuk membuka nya.
Kalo anda juga mengalami masalah ini, maka beberapa hari akan saya bercerita sedikit pengalam saya tentang topik ini.
Saya hanya iseng berbagi pengalaman bukan mengajari jadi hanya sejauh yang saya pahami. Kalo di antara para pembaca ada senior ku atau pengajar atau dosen disini.. mohon maaf ya, seyum – seyum aja karena kalo tulisan saya hanya terkesan lucu.
Postingan nya sudah saya siapkan namun saya publish dengan mode schedule dalam beberapa hari baru akan otomatis tampil pada halaman blog.
Judulnya adalah “True Azimuth” dan “Compass Azimuth” dan mungkin ada yang lain lagi menyusul
Cara Menghitung Error Kompas

0 Response to "Cara Menghitung Error Kompas"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah