Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Asal Mula Lahirnya Pelaut


Asal Mula Lahirnya Pelaut
 
Saat masih SD dulu, Ibu guru sering bilang kalo planet kita yang bulat ini sepertiganya adalah air, Hal ini terbukti dengan daratan bumi kita yang dipisahkan oleh lautan sehingga membentuk benua-benua dan pulau-pulau mulai yang berukuran besar sampai dengan yang saking kecil ukurannya terkadang timbul tenggelam di laut karena terpengaruh pasang surut. 
 
Manusia yang mulai bertambah populasinya akhirnya berusaha mencari sumber makanan dan hunian-hunian baru di seberang lautan sana sehingga lahirlah jenis petualangan baru yang disebut “berlayar” di mana memang pada awalnya memanfaatkan layar yang didorong angin untuk menggerakkan perahu atau kapalnya. Dulu orang berlayar untuk mendapatkan 3G (bukan jaringan internet loh... tapi Gold, Glory and Gospel). 
 
Gold berarti emas yang diidentikan dengan kekayaan baik berupa hasil bumi, ternak dan tambang. Sedangkan Glory berarti kejayaan yang berupa kependudukan atas suatu wilayah beserta segala macam sumber daya manusia yang tinggal di dalamnya. Selain itu terdapat Gospel yaitu suatu misi suci dalam rangka penyebaran agama dan keyakinan ke tempat-tempat baru. 
 
Prinsip 3G ini sangatlah populer dengan sebutan era Imperium Lama. Di zaman modern ini, lebih dikenal dengan sebutan era Imperium Baru, tujuan orang pergi ke laut sangatlah beragam dari pada era Imperium Lama. 
 
Mulai dari mencari ikan yang langsung diolah dalam bentuk kalengan, melakukan ekspedisi penelitian biota laut, mencari hasil tambang, rekreasi akhir pekan bersama keluarga, mengirim barang dagangan ke tempat lain, mencari harta karun kapal-kapal karam, melakukan survei hidrooseanografi, melakukan uji coba senjata, merompak kapal-kapal niaga, berperang melawan negara lain dan sebagainya. 
 
Begitu menarik motif tiap orang yang pergi melaut. Oleh karena itu, melalui tulisan  ini saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk belajar mengenal ilmu pelayaran dengan cara yang lebih menarik sehingga bagi kalian yang awam pun tetap enjoy mempelajarinya. So keep reading then you’ll get ready for your new adventure at sea. Bon Voyage!

0 Response to "Asal Mula Lahirnya Pelaut"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah