Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Sejarah Laksamana Madya Yos Sudarso

Sejarah (Laksamana Madya Yos Sudarso)

Komodor Yos Sudarso (Laksamana Madya Yos Sudarso) kita sering mendengar namanya.. pahlawan dari TNI AL itu meninggal dalam pertempuran arafuru . dimana beliau menumpangi kapal TNI AL (KRI Matjan tutul)melawan 2 destroyer belanda. dengan posisi jejer belakang dan diapit dua KRI (KRI Matjan kumbang,KRI Harimau).
 Laksamana Madya Yos Sudarso
Komodor Yos Sudarso terkenal dengan pesannya sebelum akhirnya tewas terkena serangan belanda yaitu "kobarkan semangat perjuangan". beliau yang lahir di Salatiga,Jawa Tengah, 24 November 1925 terkenal gigih dan berani. beliau melaksanakan operasi Trikora dimana pada saat itu adalah perjuangan membebaskan Papua dari tangan Belanda. beliau disaat itu melihat sinyal mencurigakan menuju perairan papua.namun mendadak sinyal itu tidak berjalan alias berhenti.

Komodor Yos Sudarso langsung mengarah ke lokasi sinyal itu berada dengan 3 KRI. dan hasilnya benar.. ternyata destroyer belanda sudah menunggu kedatangan 3 KRI jenis fast patrol tersebut.. baku tembak pun terjadi karena kapal belanda lebih dulu melepaskan rudal tembakannya ke arah KRI Harimau . beruntung rudal itu meleset.

Kolonel Sudomo memerintahkan balas tembakan namun hasilnya meleset .Komodor Yos Sudarso memerintahkan 3 KRI untuk kembali . 2 KRI berhasil kembali (KRI Matjan Kumbang dan KRI Harimau). namun KRI Matjan Tutul mengalami sesuatu kendala teknis yang dianggap Belanda menantang .

KRI Matjan Tutul melakukan manuver ke kanan . belanda menganggap itu tindakan untuk penyerangan ke kapal kapalnya. akhirnya belanda menembakan rudalnya ke KRI tersebut. awalnya meleset .. yang kedua sebelum terkena rudal beliau berpesan "kobarkan semangat perjuangan" dan akhirnya rudal mengenai KRI Matjan Tutul.

Yos Sudarso gugur di Laut Aru, 13 Januari 1962 pada umur 36 tahun .. dan pemerintah Indonesia menganugerahkan penghargaan yaitu seorang pahlawan .. dan nama beliau di kenang di salah satu KRI kita sekarang..

0 Response to "Sejarah Laksamana Madya Yos Sudarso"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah