Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

The Ship Security Alert System


The Ship Security Alert System (SSAS) is part of the ISPS code dan merupakan sistem yang memberikan kontribusi terhadap upaya dari pada (IMO) Maritim Internasional Organization,  untuk memperkuat keamanan juga melindungi dunia  maritim dan menekan aksi terorisme dan pembajakan terhadap kapal kapal di tengah   laut.
untuk menangkal segala bentuk kejahatan kapal di tengah laut IMO telah membuat system pelaporan darurat bahaya bagi kapal kapal, system ini adalah joint project antara Cospas-Sarsat dan IMO. untuk mencega kasus-kasus pembajakan yg sering di lakukan para perompak di laut atau upaya terorisme menyerang kapal kapal yg sdg berlayar, jika kapal  mengalami hal hal yg sangat membahayakan crew dan kapal maka  SSAS beacon can be activated, dan pasukan penegak hukum atau militer yang terdekat dari lokasi kapal yg dalam bahaya dapat dgn tepat  dikirim dgn segera mungkin,  beacon SSAS dapat  beroperasi malalui signal yg di pancarkan dari kapal yg dalam bahaya dengan prinsip yang mirip dengan the aircraft transponder emergency code 7700. Ketika peringatan SSAS itu di pancarkan maka signal itu akan di tangkap oleh stasiun stasiun pemancar lainnya melaui via satelit cospas  sarsat.  Pusat-pusat Koordinasi Rescue “the Rescue Coordination Centres (RCCs) or SAR Points of Contact (SPOCs)  ini akan memancarkan signal ke seluruh negara anggota atau negara yg mempunyai beacon transmisi dan berita bahaya ini akan di terima oleh  otoritas keselamatan yg di kirim secara rahasia. dgn ada pemberitahuan dari kapal maka dapat di lakukan pengirimkan pasukan yang tepat untuk menangani ancaman teroris atau bajak laut.
Keselamatan Pelayaran didefinisikan sebagai suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan dan kepelabuhanan. Terdapat banyak penyebab kecelakaan kapal laut; baik itu berupa pembajakan di atas kapal atau juga kecelakaan yg di sebab kan human error, karena faktor kecelakaan kapal bisa saja datang dari bermacam sisi, bisa juga karena kesalahan perhitungan muat atau juga karena perhitungan stabilitas yg tak baik di tambah lagi oleh fator cuaca yg buru.
Dengan demikian penyebab kecelakaan sebuah kapal tidak dapat disebutkan secara pasti, melainkan perlu dilakukan pengkajian. Untuk mengendalikan keselamatan pelayaran secara internasional diatur dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
  • International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS), 1974, sebagaimana telah disempurnakan: Aturan internasional ini menyangkut ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
    • Konstruksi (struktur, stabilitas, permesinan dan instalasi listrik, perlindungan api, detoktor api dan pemadam kebakaran);
    • Komunikasi radio, keselamatan navigasi
    • Perangkat penolong, seperti pelampung, keselamatan navigasi.
    • Penerapan ketentuan-ketentuan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran termasuk di dalamnya penerapan of the International Safety Management (ISM) Code dan International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code).
  • International Convention on Standards of Training, Certification dan Watchkeeping for Seafarers, tahun 1978 dan terakhir diubah pada tahun 1995.
  • International Convention on Maritime Search and Rescue, 1979.
  • International Aeronautical and Maritime Search and Rescue Manual (IAMSAR) dalam 3 jilid
The International Ship and Port Facility Security (ISPSCode is an amendment to the Safety of Life at Sea (SOLAS) Convention (1974/1988) on minimum security arrangements for ships, ports and government agencies. Having come into force in 2004, it prescribes responsibilities to governments, shipping companies, shipboard personnel, and port/facility personnel to “detect security threats and take preventative measures against security incidents affecting ships or port facilities used in international trade.”
The ISPS Code is implemented through chapter XI-2 Special measures to enhance maritime security in the International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS).
The Code is a two-part document describing minimum requirements for security of ships and ports. Part A provides mandatory requirements. Part B provides guidance for implementation.
The ISPS Code applies to ships on international voyages (including passenger ships, cargo ships of 500 GT and upwards, and mobile offshore drilling units) and the port facilities serving such ships.
The main objectives of the ISPS Code are:
  • To detect security threats and implement security measures
  • To establish roles and responsibilities concerning maritime security for governments, local administrations, ship and port industries at the national and international level
  • To collate and promulgate security-related information
  • To provide a methodology for security assessments so as to have in place plans and procedures to react to changing security levels
ship safety orientation merupakan kegiatan untuk memperkenalkan system baru yg di promosikan IMO uutuk keselatan jiwa para pelaut dan kapal  agar para pelaut dapat mengenal lebih mendalam tenatang produk atau program keselamatan global yg di rancang dgn system matis dan terintegeritas yg tak lain tujuan dari itu untuk mencapai keselamatan jiwa di atas kapal yg aman, untuk mensosialisasikan kehidupan nya di atas kapal di mana bahaya bahaya itu akan bisa mengancam kapan waktu dgn adanya  proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur para awak kapal yg bertugas sebagai operator di atas laut langka langka efektif di saat bahaya perlu di perkenalkan ke pada mereka,  juga  unsur-unsur lainnya yang terkait y ada hubungan dgn organisasi keselatan jiwa di laut.
sebagai perwira di atas kapal sebelum kita join di atas kapal kita harus dapat memastikan posisi dari alat alat posisi itu di tempat kan, dan mengetahui procedure darurat jika ada kejadian yg dapat membahayakan kapal video di bawah hanyalah pelengkap agar dari tulisan ini.

0 Response to "The Ship Security Alert System"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah