Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Istilah Dunia Perkapalan Dan Pelayaran Untuk Pelaut


Þ     MIDSHIP = BAGIAN TENGAH LAMBUNG KAPAL.

Þ     ANCHOR = JANGKAR.

Þ     MAIN ENGINE = MESIN UTAMA KAPAL.

Þ     PROPELLER = BALING-BALING.

Þ     RUDDER = DAUN KEMUDI.

Þ     FORDWARD = BAGIAN DEPAN LAMBUNG KAPAL.

Þ     DOUBLE BOTTOM = KONSTRUKSI KAPAL DASAR BERGANDA.

Þ     BODY PLAN = PENAMPANG VERTIKAL KAPAL (TAMPAK DEPAN).

Þ     DRAFT = SARAT KAPAL. SARAT KAPAL TERBAGI MENJADI DUA, YAITU SARAT MUATAN PENUH DAN SARAT MUATAN KOSONG.

Þ     BASE LINE = GARIS DASAR

Þ     FRAME = GADING. GADING TERBAGI MENJADI DUA, YAITU GADING UTAMA (MAIN FRAME) DAN GADING BESAR ( WEB FRAME ).

Þ     BOLLARD = TEMPAT PENGIKAT TALI TAMBAT KAPAL.

Þ     CHAIN LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA JANGKAR.

Þ     POOP DECK = GELADAK KIMBUL.TERLETAK PADA BAGIAN AFTER. PANJANGNYA ADALAH 20%-22% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).

Þ     MAIN DECK = GELADAK UTAMA

Þ     BULLWARK = BAGIAN LANTAI KAPAL PADA FORDWARD YANG DIBUAT TINGGINYA 2 M DARI MAIN DECK.

Þ     BULKHEAD = SEKAT. SEKAT TERBAGI ATAS : SEKAT CERUK BURITAN (STERN TUBE BULKHEAD), SEKAT RUANG MESIN (ENGINE ROOM BULKHEAD), SEKAT RUANG MUAT (MIDSHIP BULKHEAD), DAN SEKAT TUBRUKAN / CERUK HALUAN  ( COLLISION BULKHEAD).

Þ     DISPLACEMENT = BERAT AIR YANG DIPINDAHKAN OLEH BADAN KAPAL DIDALAM AIR.

Þ     OIL  TANK = RUANG MUAT BERUPA TANGKI MINYAK ( KHUSUS PADA KAPAL TANKER).

Þ     FORECASTLE = BAGIAN SISI KIRI-KANAN KAPAL YANG BERBENTUK DINDING PELAT YANG FUNGSI AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN BAGI ANAK BUAH KAPAL SAAT PENAMBATAN TALI KAPAL. TINGGINYA BERKISAR ANTARA 0,9 - 1,4 METER. PANJANGNYA ADALAH 8%-10% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).

Þ     GRAVITY = TITIK BERAT KAPAL.

Þ     BONJEAN = GAMBAR GARIS LENGKUNG YANG MERUPAKAN BESARAN TIAP-TIAP STATION DARI SARAT NOL SAMPAI GELADAK.

Þ     WATER LINE = GARIS AIR.

Þ     BOAT DECK = GELADAK SEKOCI. GELADAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN SEKOCI ATAU DEWI-DEWI SEBAGAI ALAT KESELAMATAN PELAYARAN.

Þ     BRIDGE DECK = GELADAK JEMBATAN.

Þ     STERN TUBE = TABUNG POROS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PELUMASAN POROS PROPELLER DENGAN BEARING, JUGA DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENYEKAT JIKA TERJADI KEBOCORAN. PADA PERENCANAAN INI, SEBAGAI PELUMAS POROS DIGUNAKAN AIR.

Þ     TONNAGE ( TONASE ) = KEMAMPUAN DAYA ANGKUT KAPAL.

Þ     HYDROSTATIC = GARIS LENGKUNG YANG TERDIRI DARI BEBERAPA MACAM KURVA UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK BADAN KAPAL YANG TERBENAM DI DALAM AIR.

Þ     FREEBOARD (DISEBUT JUGA PLIMSOLLMARK ATAU LOAD LINE.) = TINGGI TEPI GELADAK DARI PERMUKAAN AIR YANG DIUKUR PADA MIDSHIP ATAU DISEBUT JUGA MARKA KEAMBANGAN/LAMBUNG TIMBUL ATAU DAYA APUNG CADANGAN KAPAL.

Þ     METACENTRE = TITIK TENGAH KAPAL (METASENTRA).

Þ     BUOYANCY = TITIK TEKAN KE ATAS.

Þ     PORT  SIDE = SISI KIRI LAMBUNG KAPAL.

Þ     STARBOARD = SISI KANAN LAMBUNG KAPAL.

Þ     CARGO HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).

Þ     LIFE  JACKET = JACKET KESELAMATAN.

Þ     LIFEBUOY = ALAT KESELAMATAN PELAYARAN YANG BERUPA PELAMPUNG.

Þ     BREADHT = LEBAR KAPAL.

Þ     AFTER = BAGIAN BELAKANG KAPAL.

Þ     STEM = HALUAN.

Þ     STERN = BURITAN.

0 Response to "Istilah Dunia Perkapalan Dan Pelayaran Untuk Pelaut"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah