Þ MIDSHIP = BAGIAN TENGAH LAMBUNG KAPAL.
Þ ANCHOR = JANGKAR.
Þ MAIN ENGINE = MESIN UTAMA KAPAL.
Þ PROPELLER = BALING-BALING.
Þ RUDDER = DAUN KEMUDI.
Þ FORDWARD = BAGIAN DEPAN LAMBUNG KAPAL.
Þ DOUBLE BOTTOM = KONSTRUKSI KAPAL DASAR BERGANDA.
Þ BODY PLAN = PENAMPANG VERTIKAL KAPAL (TAMPAK DEPAN).
Þ DRAFT = SARAT KAPAL. SARAT KAPAL TERBAGI MENJADI DUA, YAITU SARAT MUATAN PENUH DAN SARAT MUATAN KOSONG.
Þ BASE LINE = GARIS DASAR
Þ FRAME = GADING. GADING TERBAGI MENJADI DUA, YAITU GADING UTAMA (MAIN FRAME) DAN GADING BESAR ( WEB FRAME ).
Þ BOLLARD = TEMPAT PENGIKAT TALI TAMBAT KAPAL.
Þ CHAIN LOCKER = LUBANG YANG TERDAPAT PADA BAK PENYIMPANAN RANTAI JANGKAR YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG KOTORAN DAN AIR LAUT YANG MENEMPEL PADA JANGKAR.
Þ POOP DECK = GELADAK KIMBUL.TERLETAK PADA BAGIAN AFTER. PANJANGNYA ADALAH 20%-22% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).
Þ MAIN DECK = GELADAK UTAMA
Þ BULLWARK = BAGIAN LANTAI KAPAL PADA FORDWARD YANG DIBUAT TINGGINYA 2 M DARI MAIN DECK.
Þ BULKHEAD = SEKAT. SEKAT TERBAGI ATAS : SEKAT CERUK BURITAN (STERN TUBE BULKHEAD), SEKAT RUANG MESIN (ENGINE ROOM BULKHEAD), SEKAT RUANG MUAT (MIDSHIP BULKHEAD), DAN SEKAT TUBRUKAN / CERUK HALUAN ( COLLISION BULKHEAD).
Þ DISPLACEMENT = BERAT AIR YANG DIPINDAHKAN OLEH BADAN KAPAL DIDALAM AIR.
Þ OIL TANK = RUANG MUAT BERUPA TANGKI MINYAK ( KHUSUS PADA KAPAL TANKER).
Þ FORECASTLE = BAGIAN SISI KIRI-KANAN KAPAL YANG BERBENTUK DINDING PELAT YANG FUNGSI AGAR TIDAK TERJADI KECELAKAAN BAGI ANAK BUAH KAPAL SAAT PENAMBATAN TALI KAPAL. TINGGINYA BERKISAR ANTARA 0,9 - 1,4 METER. PANJANGNYA ADALAH 8%-10% LPP (LENGHT BETWEN PERPENDICULAR).
Þ GRAVITY = TITIK BERAT KAPAL.
Þ BONJEAN = GAMBAR GARIS LENGKUNG YANG MERUPAKAN BESARAN TIAP-TIAP STATION DARI SARAT NOL SAMPAI GELADAK.
Þ WATER LINE = GARIS AIR.
Þ BOAT DECK = GELADAK SEKOCI. GELADAK YANG DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN SEKOCI ATAU DEWI-DEWI SEBAGAI ALAT KESELAMATAN PELAYARAN.
Þ BRIDGE DECK = GELADAK JEMBATAN.
Þ STERN TUBE = TABUNG POROS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PELUMASAN POROS PROPELLER DENGAN BEARING, JUGA DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI PENYEKAT JIKA TERJADI KEBOCORAN. PADA PERENCANAAN INI, SEBAGAI PELUMAS POROS DIGUNAKAN AIR.
Þ TONNAGE ( TONASE ) = KEMAMPUAN DAYA ANGKUT KAPAL.
Þ HYDROSTATIC = GARIS LENGKUNG YANG TERDIRI DARI BEBERAPA MACAM KURVA UNTUK MENGETAHUI KARAKTERISTIK BADAN KAPAL YANG TERBENAM DI DALAM AIR.
Þ FREEBOARD (DISEBUT JUGA PLIMSOLLMARK ATAU LOAD LINE.) = TINGGI TEPI GELADAK DARI PERMUKAAN AIR YANG DIUKUR PADA MIDSHIP ATAU DISEBUT JUGA MARKA KEAMBANGAN/LAMBUNG TIMBUL ATAU DAYA APUNG CADANGAN KAPAL.
Þ METACENTRE = TITIK TENGAH KAPAL (METASENTRA).
Þ BUOYANCY = TITIK TEKAN KE ATAS.
Þ PORT SIDE = SISI KIRI LAMBUNG KAPAL.
Þ STARBOARD = SISI KANAN LAMBUNG KAPAL.
Þ CARGO HOLD = RUANG MUAT KAPAL ( NON KAPAL TANKER).
Þ LIFE JACKET = JACKET KESELAMATAN.
Þ LIFEBUOY = ALAT KESELAMATAN PELAYARAN YANG BERUPA PELAMPUNG.
Þ BREADHT = LEBAR KAPAL.
Þ AFTER = BAGIAN BELAKANG KAPAL.
Þ STEM = HALUAN.
Þ STERN = BURITAN.
0 Response to "Istilah Dunia Perkapalan Dan Pelayaran Untuk Pelaut"
Posting Komentar