Saat konsep haluan kapal, yang kemudian terkenal dengan “Ulstein X-bow”, diluncurkan untuk pertama kalinya di tahun 2005. Rancang bangun baru yang kelihatan aneh karena memiliki bentuk haluan dengan ujung bagian atasnya justru membalik ke arah belakang dan sangat revolusioner ini segera memikat para pemilik kapal yang besar, dan sejak saat itu telah mendemonstrasikan kelebihan-kelebihannya untuk aplikasi-aplikasi dalam kegiatan pengeboran minyak di lepas pantai.
“BOURBON ORCA”, kapal pertama yang dibangun dengan rancang bangun haluan Ulstein X-bow AX104 telah dinobatkan sebagai “Ship of the Year 2006” oleh majalah resmi organisasi perkapalan Norwegia “Skiprevyen” dan telah mendemonstrasikan bagaimana Kelompok Ulstein merubah wacana-wacananya menjadi sesuatu yang realistis sekaligus juga telah menorehkan namanya dalam sejarah perkapalan. Akan tetapi, kelebihan-kelebihan X-bow tidaklah terbatas untuk kapal-kapal lepas pantai saja, karena fitur-fitur utama dari X-bow yang telah terbukti dalam aplikasi-aplikasi lepas pantai sesungguhnya juga bisa diterapkan pada sejumlah kapal-kapal niaga lainnya.
Pembentukan departemen “Ulstein Es-Cad” dalam kelompok perusahaan Ulstein baru-baru ini memberikan kemungkinan untuk merealisasikan wacana bagi aplikasi-aplikasi baru semacam itu.
Dengan menyatukan track record dari perusahaan-perusahaan pelayaran niaga dan pelayaran berjarak pendek dengan keahlian khusus serta teknologi-teknologi yang sesuai, kelompok Ulstein saat ini secara unik telah melengkapi dirinya dengan suatu perangkat yang bisa menawarkan rancang bangun kapal yang inovatif bagi perusahaan-perusahaan pelayaran niaga dan pelayaran berjarak pendek itu. Manajer teknik dari Ulstein Es-Cad yang memimpin pengembangan konsep-konsep baru pemanfaatan X-bow untuk aplikasi-aplikasi di kapal-kapal niaga mengatakan bahwa fitur-fitur dari Ulstein X-bow diterapkan secara langsung untuk memperbaiki profitability dengan meningkatkan potensi pendapatan dan mengurangi biaya-biaya operasi dari kapal-kapal, sekaligus juga menawarkan keuntungan-keuntungan bagi lingkungan.
Kelebihan-kelebihan dari Ulstein X-bow meliputi hal-hal berikut:
a. Kecepatan pelayaran yang lebih tinggi saat terjadi cuaca buruk.
b. Mengurangi konsumsi bbm saat haluan kapal berhadapan langsung dengan ombak maupun saat-saat laut tenang berikutnya.
c. Mengurangi konsumsi bbm saat berlayar hanya dengan ballast karena distribusi beban berat kapal kosong yang telah diperbaiki.
d. Meniadakan goncangan-goncangan (karena bentuk haluannya) telah mengurangi risiko-risiko kerusakan kapal.
e. Anggukan-anggukan atau gerakan-gerakan naik-turunnya haluan kapal yang lebih rendah / terkendali, dan lebih terlindungnya ruang-ruang kargo juga mengurangi risiko-risiko kerusakan atau hilangnya kargo.
f. Meningkatkan kapasitas daya muat untuk aplikasi-aplikasi dan konfigurasi-konfigurasi / penataan muatan tertentu.
Ulstein Es-Cad saat ini sedang melakukan evaluasi fitur-fitur ini untuk digunakan pada kapal-kapal container feeder, kapal-kapal Ro-Ro dan kapal-kapal barang tertentu dan khususnya untuk kapal-kapal berukuran kecil dan menengah yang terlibat dalam pelayaran regional yang bisa diatur untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh bentuk haluan X-bow ini. Untuk mencapai tujuan ini, saat ini mereka bekerja sama dengan Ulstein Design untuk merekayasa Ulstein X-bow bagi aplikasi-aplikasi khusus ini.
Meskipun bentuk X-bow telah membuktikan kelebihannya dengan banyaknya pesanan-pesanan kapal-kapal jenis OSV (Offshore Support Vessels), masih banyak pemilik kapal dan sarjana perkapalan yang perlu diyakinkan. Rancang bangun haluan kapal yang radikal ini memerlukan pembuktiannya sendiri tanpa keraguan khususnya untuk para pemilik/pengelola armada-armada kapal laut dalam (deep-sea fleets) dimana kapal-kapal tersebut kemungkinan akan menghadapi kondisi-kondisi laut yang sangat buruk
Description of the vessel
Bourbon Offshore Norway has achieved an amazing advance in innovation by
participating in the development of an Ulstein AX104 anchor handling vessel,
equipped with the new Ulstein X-Bow™ hull design from Ulstein Design AS. This
vessel offers three innovations: inverted bow, a new secure anchor handling system,
and diesel-electric propulsion.
Bourbon Offshore was the trail-blazer that allowed this achievement.
A new Ulstein X-Bow
The first thing one notices about this vessel is the new shape of its hull. This vessel is
equipped with a hull, with an inverted bow. Instead of moving above the level of the
sea, it rises toward the back. This completely new concept has been named the
Ulstein X-Bow.
The vessel can cut through the waves so that interior noise and vibrations are
reduced. The shape of the hull results in a decrease in pitching and, as a result, the
bridge is hit with fewer water sprays. All these elements enhance the safety of
operations in heavy swells.
"Thinking outside the box is a credo at Ulstein Design, a credo that we work to
translate into action. However, it is not enough to think new; we need to work with
marine companies that are bold enough to dare to become involved and innovate
with us. Bourbon Offshore Norway has shown us that it belongs to this group of
pioneers, because it was immediately enthusiastic and participated with the
completion of this innovative project," says Tore Ulstein, Chief Executive Officer of
Ulstein Design A.S..
"We were truly excited about the design of this vessel and the tank trials showed us
that this hull offers exceptional advantages over traditional hulls," explained Trond
Myklebust, Managing Director of Bourbon Offshore Norway. "In addition to the fact
that it reduces fuel consumption, this hull improves onboard comfort, offering the
crews greater safety and rest. In choosing this type of vessel, we are setting a
radically new standard for the future of offshore supply vessels," he adds.
Because of its shape, the vessel increases its cruising speed in all weather, and
achieves substantial fuel savings.
0 Response to "Rancang bangun kapal baru yang kelihatan aneh"
Posting Komentar