Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Do you know Sextan?


Sextan-How to navigate by the sun

Pelaut pasti kenal sama sextan, karena wajib bagi perwira kapal tahu sama barang ini. sextan adalah Alat untuk mengukur sudut dalam bidang datar dan vertikal di kapaldinamakan Sextan dimana sudut diukur dengan cara mengepitkan duabuah benda yang ada di antara sudut yang akan diukur. Sextan menggunakan prinsip cahaya dan berdasarkan ketentuan bahwasudut yang terjadi antara arah pertama dan arah terakhir daripadasebuah cahaya yang telah dipantulkan, dua kali besarnya susut yangterjadi antara dua buah reflektor tadi, satu terhadap lain.
Macam-nacam SextanAda dua macam yaitu :
1. Sextan nonius
2. Sextan tromol (yang baru) dengan sekrup tombol (micrometer sextan) Perbedaan antara kedua macam sextan ini terletak pada bentuknya sekerup jepit dan sekerup halus alhidade.
Sextan Nonius Suatu skala kecil dipasang di alhidade dan koncentris denganlembidang busur bersama-sama dengan alhidade dapat digeser-geser sepanjang lembidang busur dan dipergunakan untuk pembacaan seteliti mungkin.
biasa di atas kapal kawan kawan pelaut mengunakan sextan untuk bernavigasi seperti mengambil waktu rembang matahari , noon position atau mencari azimut dari matahari. di bawah ini ada penjelasan bagaimana bernavigasi dgn matahari mengunakan sextan

0 Response to "Do you know Sextan?"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah