Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Cara Cek Sertifikat Online Pelaut di www.pelaut.go.id

Bagaimana Sih Cara Cek Sertifikat Online Pelaut di www.pelaut.go.id ?

Sebelum Ke langkah - langkah mengecek di www.pelaut.go.id terlebih dahulu simak ulasan berikut ini :

Sesuai dengan konvensi STCW dan informasi dari IMO yang mewajibkan Pihak yang bersangkutan untuk mempertahankan register sertifikat yang didukung oleh master programmer untuk  menyediakan informasi tentang status sertifikat tersebut dan dukungan kepada Pihak lain dan perusahaan yang meminta verifikasi keaslian dan keabsahan sertifikat yang dihasilkan oleh pelaut.

Cara Mengecek Sertifikat Pelaut dengan Website Yang Baru Pelaut.dephub.go.id

Cara Mengecek Sertifikat Pelaut dengan Website Yang Baru Pelaut.dephub.go.id

Informasi tentang titik yang benar kontak untuk mendapatkan informasi verifikasi sertifikat melalui alamat e-mail telah diberikan kepada IMO oleh beberapa otoritas sertifikat penerbit.
Seperti yang anda ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satau dari negara yang dapat menerbitkan Sertifikat kepelautan, yaitu menggunakan web www.pelaut.go.id sebagai ke absyahan atau keaslian sertifikat pelaut, Indonesia sendiri menyediakan wadah sebagai tempat verivikasi sertifikat pelaut yaitu di www.pelaut.go.id, bagi para pelaut yang sudah mempunyai sertifikat keahlian maupun ijasah dapat mengeceknya di website tersebut. hal ini akan memeprmudah dan menjaga keaslian sertifikat pelaut.

Sertifikat apa saja yang bisa di cek di web www. pelaut.go.id ?

Jawabanya adalah semua sertifikat keahlian pelaut dan sertifikat ijasah termasuk endorsment sesuai dengan tinggkatan akan masuk kedalam database pelaut.go.id. Apabila setelah di cek dengan Number sertifikat atau Code sertifikat tidak ada berarti kemungkinan besar sertifikat itu palsu dan tidak sah.

Negara mana saja yang menerbitkan sertifikat pelaut secara online ? 

Kita bisa melihat di web IMO (http://www.imo.org)  yaitu ada sekitar 36 negara di dunia ini yang menerbitkan sertifikat pelaut secara online.

Berikut adalah negara-negara dengan sertifikat pelaut online :

Antigua and BarbudaAustraliaBahrainBelgium
Bolivarian Rep. Of VenezuelaCape VerdeCroatiaCyprus
DominicaEcuadorFaroe IslandsFrance
GeorgiaGermanyHondurasIndia
IndonesiaIslamic Republic of IranLatviaLiberia
MontenegroMyanmarPakistanPanama
PhilippinesRussian FederationSerbiaSeychelles
SingaporeSri LankaThe BahamasThe Netherlands
The United KingdomThe United StatesTurkeyVanuatu

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengecek sertifikat pelaut secara online di www.pelaut.go.id ?

Langkah - langkah cek sertifikat pelaut sebagai berikut :

Pertama Klik http://www.pelaut.go.id/ anda akan di bawa ke new tab di browser anda, dan terlihat web pelaut.go.id seperti yang ada di bawah ini klik untuk memperbesar gambar.

Oke pada seperti gambar di atas... langsung saja pada kolom isi user name dan pasword isikan dengan nama guest (pasword : guest dan user name : guest ) penulisan paswor dan username menggunakan huruf kecil semua, dan jangan lupa masukan juga Image huruf atau angka padakolom Please type text in the image,
klik reload image untuk mengganti image captcha apabila kurang jelas. selanjutnya tekan atau klik enter

Setelah Proses Login selesai anda akan di bawa ke menu Search Seafarer and Certificate seperti pada gambar di bawah ini.


















Pada Gambar diatas tampak dua kolom yaitu : 
  1. Please search by Seafarer Code
  2. Certificate Number
Untuk Yang pertama Please search by Seafarer Code  yaitu Mencari sertifikat Online anda menggunakan Code dari sertifikat anda, contoh code sertifikat BST 62003536xx, kode sertifikat yaitu kode yang ada di setiap sertifikat cetak anda yang diawali dengan 62, di sini kita hanya mengetikan 10 digit angka dimulai dari 62.  dengan kode tersebut anda sudah bisa mencari sertifikat online anda. jangan lupa klik Search Now.

Untuk yang Kedua Certificate Number  Itu berarti Pencarian Sertifikat anda menggunakan Nomor Ijasah Anda atau nomor sertifikat anda,  Contoh Nomor Salah Satu sertifikat CP 07310xx, Nomor Sertifikat biasanya diawali dengan 2 huruf semisal CP. setelah menuliskan nomor sertifikat klik Search Now


Jika sertifikat memang sudah terdaftar di http://pelaut.go.id maka akan muncul seperti diatas... 

Untuk Melihat jelas data anda silahkan klik salah satu Nomor sertifikat anda. Seperti pada gambar di bawah ini .


Catatan :
  1. Gunakan huruf kecil pada penulisan username dan guest
  2. jangan lupa masukan Image Huruf/angka yang ada di bawah username dan pasword biasanya menggunakan huruf besar semua dan ada juga menggunakan angka,
  3. Apabila kurang jelas pada image angka silahkan klik reload image
  4. Apabila sertifikat sudah jadi / tercetak dan sudah ada di tangan anda tapi belum online tunggu samapi beberapa minggu sampai dengan 1 bulan, dan apabila belum juga online bisa ditanyakan ketempat asal diklat
  5. Kenapa Kok tidak ada fotonya? Berdasarkan peneletian saya untuk Ijasah Dasar dan apabila hanya mempunyai sertifikat diklat tidak tercantum foto di database pelaut.go.id, namun unuk Ijasah tingkat IV keatas ada fotonya.
Apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah ini, terima kasih kunjungan untuk mengecek sertifikat pelaut online di blog kami ini, salam pelaut jaya!

Setelah anda selesai cek certificate pelaut online terus ingin mendapatkan info untuk informasi lowongan pelaut terbaru tahun 2014 ini silahkan lihat info jobs pelaut terbaru 2014 ytang teruys diupdate setiap harinya di sini http://jobspelaut.blogspot.com/

1 Response to "Cara Cek Sertifikat Online Pelaut di www.pelaut.go.id"

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah