Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Uraian Jabatan Di Atas Kapal

Uraian Jabatan Di Atas Kapal
Semua orang pasti kenal dengan pekerjaan sebagai pelaut, namun banyak masyarakat hanya mengetahui pelaut itu semua sama title dan jabatan, disamaratakan saja, pelaut itu pokonya yg berlayar membawa kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan tujuan lainnya, itu saja !

Namun sebenarnya diatas kapal itu ibarat sebuah negara kecil ataupun ibarat sebuah perusahaan yg otonomi, yg saya kira banyak masyarakat awam yg belum tahu tentang uraian jabatan diatas kapal ini, nah untuk itu kali ini kami ingin menuliskan tentang  Uraian Jabatan Di Atas Kapal.

Sebagai gambaran , diatas kapal terdapat berbagai pekerjaan yang dibagi atas setiap pekerjaan para awak kapalnya, Secara garis besar diatas kapal terbagi atas 3 Departemen yaitu Dek - Mesin - Galley/Dapur.
Untuk departemen dek dan mesin , Jabatan Kapal yg terendah mulai Cadet sampai Chief Engineer / Chief Officer . Nahkoda/Master sbg pimpinan umum diatas kapal.

Untuk Departemen Galley/Dapur hanya ada Cook dan Steward , kadang hanya Cook saja tanpa steward.

Berikut Uraian Jabatan Di Atas Kapal menurut Blogger Berita Kapal & Pelaut.

Cadet , setelah menempuh pendidikan sekolah para Taruna Akademi Maritim akan melakukan praktek selama 1 tahun , tugasnya adalah mulai Harian sampai bantu Perwira yg ada diatas kapal, berat memang namun itulah cikal bakal pelaut yg tangguh mulai ditempah.

Jabatan Kapal berikutnya Kelasi /Ordinary Seaman , membantu Boatswain untuk melakukan perawatan kapal ( Chipping , Painting dan lain-lainya)  

Juru Mudi / Able Seaman , Bertugas unt mejadi pemegang kemudi , membantu Boastwain unt melakukan perawatan kapal  

Bosun /Boatswain , adalah sebagai kepala kerja perawatan kapal , menerima order dari Chief Officer 

Mualim 3 / 3rd Mate, 3/Officer  Sebagai perwira yg bertanggungjawab dalam perawatan alat-alat keselamatan kapal dan membantu Master / Kaptain Kapal untuk siapkan dokumen kapal

Mualim 2 / 2nd Mate, 2/officer  sebagai perwira yg bertanggung jawab dalam navigasi kapal , siapkan garis haluan kapal dan jaga nautical publication selama pelayaran kapal berlayar.

Mualim I / Ch Mate , Chief Officer sebagai perwira yg bertanggung jawab dalam pengaturan muatan dan stabilitas kapal , supervisi perawatan kapal
   
Unt Engine Bagian Mesin Kapal, jabatan Kapal mulai dari Engine Cadet , tugasnya tidak spesifik . Biasanya disesuaikan dgn Perwira2 yg memsupervisinya
selanjutnya ada Wiper / Oiler , tugasnya bantu engineer untuk melakukan perawatan mesin dan jaga kebersihan engine room (ruang permesinan kapal)

Welder , sebenarnya tugasnya fleksible bisa di dek bisa di mesin . Bertugas melakukan pekerjaan pengelasan atau pemotongan logam 
Eletrician , bertugas untuk melakukan pemeliharan atas peralatan electrik diatas kapal
Third Engineer , bertugas unt melakukan perawatan Auxilarry Engine seperti pompa2 , generator 
Second Engineer , adalah sebagai perwira yg merawat mesin penggerak utama atau Main Engine
Chief Engineer adalah melakukan supervisi terhadap para crew mesin , menentukan jadwal kerja dan merencanakan perawatan mesin dan BBM (bahan bakar minyak)
dan yg terakhir adalah Master atau Nahkoda adalah. Pemimpin utama secara keseluruhan , aktif komunikasi dgn office atau 3rd party dan  menjaga keseimbangan antar departement yg ada diatas kapal tersebut diatas.

Seluruh kru kapal sesuai Jabatan Kapal diatas kapal melakukan tugas2 sesuai dengan SOP (standart operation procedure) atau  jobdesk masing-masing , mereka bekerja secara teamwork, karena Menjaga situasi kondusif antar departemen akan sangat membantu kelancaran operasional kapal dan mendukung situasi kerja yg baik .
 

0 Response to "Uraian Jabatan Di Atas Kapal"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah