Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Indonesia-Australia Komunikasikan Kecelakaan Kapal di Pulau Christmas

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri Julia Gillard terkait tenggelamnya sebuah kapal di perairan dekat Pulau Christmas.

"Ada berita sebuah kapal yang tenggelam antara Indonesia dan Pulau Christmas atau Indonesia dan Australia. Saya sudah bicara dengan PM Julia Gillard," kata Presiden di Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (22/6) waktu setempat.

SBY mengatakan, berdasarkan kerangka kerja sama antara kedua negara maka Indonesia dan Australia sepakat negara yang lebih dekat ke lokasi kejadian hendaknya memberikan pertolongan terlebih dahulu.

"Menurut Menko Polhukam tadi pagi jaraknya sementara lebih dekat ke Australia meskipun kita juga sudah melakukan aksi penyelamatan," kata Presiden.

Sejauh ini menurut informasi di sejumlah media Australia, terdapat 110 orang yang berhasil diselamatkan. Namun hingga kini belum diketahui kapal itu bertolak dari mana dan mengangkut siapa.

Namun Presiden SBY menegaskan bahwa Indonesia telah memiliki kerangka kerja sama "Bali Process" untuk menangani hal-hal seperti itu.

"Bali Process" adalah salah satu kerangka kerja sama antara Indonesia dan Australia yang salah satunya untuk menangani aliran imigran gelap ke Australia yang melewati perairan Indonesia.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Australia Jason Clare menyebutkan bahwa sedikitnya 100 korban terbaliknya kapal pengangkut imigran yang mencari suaka di Pulau Christmas, Australia, hingga kini belum ditemukan.

Sedangkan 110 korban lainnya berhasil diselamatkan dan tiga jenazah berhasil ditemukan.

Sebuah kapal yang diduga berisi imigran gelap yang hendak menuju Australia terbalik sekitar 200 kilometer di sebelah utara Pulau Christmas pada Kamis (21/6).

0 Response to "Indonesia-Australia Komunikasikan Kecelakaan Kapal di Pulau Christmas"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah