Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Teori Tentang Desain


1. Teori Tentang Desain
Klasifikasi desain dibedakan menjadi dua berdasarkan latar belakangnya, pertama “invension” yang merupakan ekploitasi dari ide-ide asli untuk menciptakan suatu produk baru, yang kedua adalah “inovation” yaitu sebuah pembaruan atau rekayasa desain terhadap sebuah produk yang sudah ada.
Pada umumnya pembangunan kapal-kapal di Indonesia, masih banyak yang menggunakan metode spiral atau inovasi terhadap sebuah desain kapal yang sudah ada sebelumnya, dengan melakukan rekayasa desain untuk mendapatkan desain yang lebih optimal.
Berikut adalah uraian tahapan-tahapan perancangan sebuah kapal.
1.1 Basic Desain
Basic desain : penentuan karakteristik-karakteristik utama kapal yang berpengaruh terhadapbesarnya biaya serta kinerja kapal.
· Basic desain meliputi :
§ Pemilihan ukuran utama kapal.
§ Pemilihan bentuk dan tipe kapal.
§ Penentuan tata letak awal bagian kapal dan permesinan.
§ Pemilihan struktur kapal.
1.2 Desain Requirement
1.2.1 Fungsi
Kapal selam ini berfungsi sebagai sebuah pesawat bantu untuk menunjang proses survey dibawah permukaan air, dengan menggunakan kapal selam ini proses survey serta inspeksi bawah laut diharapkan dapat dilakukan oleh siapapun dengan pertimbangan tertentu.
1.2.2 Wilayah Operasi
Wilayah operasi kapal selam survey ini melipti daerah perairan dengan kedalaman tertentu serta arus air yang relatif tenang agar proses survey dan inspeksi dapat berlangsung lancar, dengan tanpa mengabaikan safety dari surveyor.
1.2.3 Kecepatan
Karena digunakan untuk melakukan sebuah survey serta inspeksi bawah laut, maka perencanaan awal untuk kecepatan kapal selam ini saat kondisi submerged (dibawah permukaan air)+- 3 knot sebagai input untuk menentukan dimensi bagian-bagian kapal dalam pehitungan kontruksi.

0 Response to "Teori Tentang Desain"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah