Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Inilah Proses Pengecatan Kapal Menurut Ahlinya


Di Indonesia Marine Coating memiliki sebutan nama tersendiri untuk membedakan dengan jenis cat lain. Para nelayan biasanya menyebut marine coating dengan sebutan  cat marine atau cat kapal, cat marine termasuk jenis cat kapal yang berkelas dan berkualitas, karena cat kapal ini di fungsikan untuk melindungi bagian kapal agar terhindar dari korosi dalam jangka waktu yang cukup lama. Sifat proteksi pada cat kapal sangat diutamakan mengingat kapal terus menerus berhadapan dengan air laut yang mengandung garam yang sangat tinggi (NaCl), disamping itu cat kapal sendiri juga berhadapan langsungdengan cuaca yang tiada henti-hentinya, yaitu hujan, panas dan dingin. Kombinasi resin dan pigment serta additive dalam material cat kapal mempunyai sifat atau karakteristik yang sangat baik.
Bagian kapal besi yang perlu perhatian khusus adalah under water atau bawah air laut, karena bagian ini merupakan bagian kapal yang selalu terendam kedalam air, apalagi air yang dihadapi adalah air laut, dimana air laut ini mengandung kadar garam laut (NaCl) yang sangat tinggi, sehingga mudah sekali terjadi korosi.  Proses pengecatannya pun terdiri dari 3 lapisan diantaranya : Primer coat, Intermediate coat dan finish coat.
Proses pengecatan kapal besi pada bagian yang terendam air setelah proses blasting, dianjurkan menggunakan Primer Coat yang mempunyai ketahanan anti korosi yang sangat baik, primer coat ini hendaknya mempunyai pigment yang berbasis zinc pigment, dimana zinc pigment ini dapat mencegah besi terkorosi, baik oleh air maupun air laut.
Proses pengecatan kapal besi pada bagian yang terendam air setelah pengecatan primer coat, dianjurkan menggunakan Intermediate coat, Intermediate Coat ini disamping berfungsi sebagai pelindung lambung kapal agar supaya tidak teresap air laut langsung, juga berfungsi sebagai penebal cat.
Proses pengecatan kapal besi pada bagian yang terendam air setelah pengecatan Intermediate coat, dianjurkan menggunakan Anti Fouling, cat anti fouling ini berfungsi sebagai pelindung lambung kapal bagian bawah yang terendam air laut agar supaya tidak ditumbuhi lumut dan tertempelnya binatang laut. Seperti tiram, kerang dan lainnya.
Pada pengecatan kapal besi untuk bagian yang tidak terendam air laut langsung, tetapi kadang kala bersentuhan dengan air laut, pada bagian ini biasanya kita sebut sebagai bagian boot top. Pengecatan pada Boot top terdiri dari 3 lapisan, diantaranya Primer Coat, Intermediate Coat dan Finish Coat
Proses pengecatan kapal besi pada bagian boot top setelah proses blasting, dianjurkan menggunakan Primer Coat yang mempunyai ketahanan anti korosi yang sangat baik, primer coat ini hendaknya mempunyai pigment yang berbasis zinc pigment, dimana zinc pigment ini dapat mencegah besi terkorosi, baik oleh air maupun air laut.
Proses pengecatan kapal besi pada bagian yang Boot top setelah pengecatan primer coat, dianjurkan menggunakan Intermediate coat, Intermediate Coat ini disamping berfungsi sebagai pelindung lambung kapal agar tidak mudah korosi, juga berfungsi sebagai penebal cat.
Proses pengecatan kapal besi pada bagian Boot top setelah pengecatan Intermediate coat, dianjurkan menggunakan Finish Coat yang berfungsi sebagai pelindung lambung kapal bagian atas (boottop). Finish Coat ini berfungsi sebagai decorative paint yang mempunyai agen sebagai anti weathering (anti cuaca) juga berfungsi sebagai anti gores atau gesekan. Finish caot ini mempunyai ketahanan usia hingga 5 tahun lebih.
Pada pengecatan kapal besi untuk bagian top side, cat primer coat dianjurkan yang mempunyai basis resin dan pigment yang tahan terhadap korosi dan cuaca. karena akan berhadapan langsung dengan matahari dan hujan. Sinar ultraviolet serta air hujan yang mengandung asam serta basa dapat mengakibatkan kapal besi mudah terkorosi.
Pada pengecatan Finich coat kapal besi untuk bagian top side, dianjurakan material cat yang mempunyai dua fungsi, diantaranya fungsi sebagai Decorative dan fungsi sebagai Protective. Pada fungsi decorative finish coat untuk top side hendaknya ada pilihan warna sesuai dengan permintaan customer, sedang pada fungsi protective finish coat mempunyai ketahanan terhadap sinar ultraviolet matahari dan cuaca air hujan.
Pada pengecatan kapal besi untuk bagian ruang mesin (engine rooom) dianjurkan menngunakan material cat yang tahan terhadap minyak, air, dan panas temperatur ruangan. Proses pengecatan pada engine room mempunyai dua lapisan yaitu Primer coat dan Finish coat.
Pada pengecatan kapal besi untuk bagian ruang mesin (engine rooom) dianjurkan menggunakan primer coat yang mempunyai resin dan pigment yang dapat mencegah korosi.
Pada pengecatan kapal besi untuk bagian ruang mesin (engine rooom) Finish coat yang dianjurkan adalah yang mempunyai pilihan warna, akan tetapi sebaiknya menggunakan cat yang berbasis pigment alumunium atau silver.
Deck Side atau Deck Paint, pada pengecatan sebuah kapal besi untuk bagian lantai dasar atau yang terinjak oleh kaki, dianjurkan menggunakan cat yang mempunyai ketahanan terhadap goresan atau injakan kaki sehingga cat tidak mudah mengelupas ataupun abrasi. Cat Deck Paint mempunyai triple fungsi, yaitu Decorative (terdapat pilihan warna), Protective (dapat mencegah karat, abrasive dan weathering) dan Securitive (tidak mudah slip apabila diinjak oleh telapak kaki). Proses pengecatan Deck Paint terdiri dari 2 lapisan yaitu Primer Coat dan Finish Coat.
Primer Coat  pada pengecatan sebuah  kapal besi untuk bagian lantai dasar atau yang terinjak oleh kaki atau biasa disebut deck paint, dianjurkan menggunakan Primer Coat yang mempunyai ketahanan terhadap korosi air laut dan cuaca.
Finish coat untuk Deck Side atau Deck Paint, pada pengecatan sebuah kapal besi untuk bagian lantai dasar atau yang terinjak oleh kaki, dianjurkan menggunakan cat yang mempunyai tidak mudah slip, dapat mencegah korosi serta mempunyai ketahanan cuaca.
Bagian peralatan kapal yang tidak kalah penting dan urgent yang juga butuh untuk perawatan adalah jangkar dan rantai. Jangkar dan rantai kapal ini dianjurkan dicat agar supaya tidak korosi dan bertahan cukup awet. Sehingga dianjurkan menggunakan cat yang long oil alkyd yang juga sering disebut cat bituminous

6 Responses to "Inilah Proses Pengecatan Kapal Menurut Ahlinya"

  1. kalau kapal kayu kualitas cat nya sangat bagus. untuk trik nya sangat bermampaat banget ni.

    BalasHapus
  2. Menarik sekali artikelnya....

    sangat membantu tanks.....

    BalasHapus
  3. Terima kasih artikelnya brooo.....

    BalasHapus
  4. Keren makasih artikelnya ,kembangkan lagi

    BalasHapus
  5. artikel sesat nih (sebagian)

    BalasHapus

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah