Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Tenggelamnya Kapal "Habibie"



(Foto: World Maritime News & Ahmad Toriq)

Berita-Kapal.blogspot.com- Kapal KLM Maruta Jaya milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tenggelam pada Minggu (8/1/2012) pekan lalu, dikenal sebagai Kapal Habibie karena ide awal pembuatan kapal ini adalah gagasan sang profesor legenda Indonesia, mantan Presiden BJ Habibie.

Menurut otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, kapal itu dikeluarkan dari bui oleh Pelindo dan sempat lepas jangkar selama sepekan sebelum tenggelam. Bagaimana kejadiannya?



Menurut Kepala Seksi Penyelamatan Syahbandar Tanjung Priok, Utomo, serta stafnya Ibrahim Nursah, yang ditugasi mencari informasi tenggelamnya Kapal Maruta Jaya itu, diperoleh penjelasan, sebagai berikut: 

"Awalnya kapal itu ada di dalam DAM (tempat sandar kapal yang dibatasi tembok, red). Tanggal 28 Desember 2011, itu kapal dibawa keluar oleh Pelindo untuk menyiapkan dok yang sesuai yang dipersiapkan Syahbandar. Juga karena memang ada pengerukan untuk pendalaman alur. Makanya dibawa keluar, oleh Pelindo ditarik menggunakan tug boat dipandu oleh navigator, dibawa keluar DAM sampai dia dropping jangkar. Cuma pakai jangkar saja," jelas Ibrahim Nursah.

Menurut Utomo, saat kapal tenggelam tanggal 8 Januari 2012, ada 3 orang sekuriti yang menjaga dari BPPT. Salah satu sekuriti kemudian turun ke darat membeli bensin.

"Saat dia kembali, kapal sudah miring. Dia nggak berani masuk. Hujan mulai pukul 10 pagi. Pukul 10.30 WIB kapal sudah terguling karena ombak gede," jelas Utomo.

Dua sekuriti yang ada di atas kapal selamat dengan naik kapal boat yang lewat. 

Menurut Ibrahim, karena kejadian itu sudah seminggu lewat, tentunya sekarang kondisinya sudah aman. "Jadi nggak benar kalau ada pernyataan kapal sengaja ditenggelamkan," tegas Ibrahim.

Sebelumnya Ketua Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi mengungkapkan tenggelamnya kapal itu ketika berbincang dengan detikcom, Senin (16/1/2012).

"Kapal kebanggaan teknologinya Pak Habibie, kapal itu dimaksudkan untuk kapal latih laut remaja Indonesia supaya lebih baik mentalnya. Kapal itu terbengkalai, akhirnya harus ditarik ke Tanjung Priok dan tenggelam seminggu yang lalu," jelas Hanafi.

Penyebab tenggelamnya kapal itu belum jelas. Ada kabar bila kapal Maruta Jaya ini sedang 'sakit' dan menunggu untuk masuk dok di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tenggelamnya kapal tidak beralasan. Ada berita penguasa pelabuhan, saat kapal itu dibui (diikat pelampung yang dirantai ke dasar laut,red) untuk menunggu dok, ditarik ke laut lepas," jelas Hanafi.

Kapal Maruta Jaya (worldmaritimenews.com)

Dari situs BPPT, bppt.go.id, disebutkan Maruta Jaya 900 produksi PT PAL Indonesia ini didesain khusus sebagai kapal angkutan barang (Cargo Ship) yang hemat BBM dan ramah lingkungan yang mulai beroperasi secara resmi pada 20 Mei 1990 dan didesain mampu mengangkut kargo maksimal 900 ton. 

Kapal ini juga mampu menghemat konsumsi BBM sampai 70% dibandingkan dengan kapal sejenisnya. Jika kapal sejenis mengkonsumsi BBM sekitar 3.000 liter/hari, KLM Maruta Jaya 900 hanya memerlukan 900 liter/hari. Tenaga angin digunakan sebagai tenaga penggerak utama kapal. Dengan penggunaan layar seluas 1.200 meter persegi yang terdiri dari 1 buah layar jib (jib sail) berbentuk segitiga yang terletak di bagian haluan (bowsprit), 2 buah layar utama (main sail) berbentuk segiempat yang masing -masing terpasang pada tiang utama (main mast) dan 1 buah layar mizzen (mizzen sail) yang tepasang pada tiang belakang dan dapat memberikan dorongan kekuatan laju kapal sampai dengan 9 knot pada saat cuaca normal.

Sementara dari situs songlinecruises.com, penyedia jasa turisme pesiar dengan kapal tradisional, Kapal Maruta Jaya ini merupakan prototipe kapal bertiang tinggi termuda di dunia, dibangun atas kerjasama dengan Hamburg University dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). 

Pemilik Song Line Cruise dalam situsnya itu mengatakan bahwa kapal ini telah tersesat dari jalurnya yang seharusnya menjadi kapal klasik, harus berjuang mencari untung bagi operatornya, mengangkut semen dan minyak kelapa sawit dengan rute-rute pendek di Kepulauan Indonesia. Pemilik Song Line Cruise pula yang berkali-kali menawar untuk membeli kapal itu dan bermaksud menjadikannya kapal dengan misi filantropi. 

"Akhirnya, dengan berkomunikasi cepat pada operator, dengan beberapa bantuan orang-orang dari Camden, Maine (rekanan Song Line Cruise di AS, red), dan uang yang kami miliki, kami akhirnya setuju mengambil KLM Maruta Jaya untuk membantu orang-orang di Sumatera Utara (pasca tsunami, red)," tulis pemilik Song Line Cruise.

KLM Maruta Jaya pun digunakan untuk misi Maine Windjammer Relief Effort, mengangkut bantuan bekerja sama dengan beberapa orang dari PT Admiral Lines, dan LSM internasional seperti, Care International, PBB, Save The Children, Amercare mengangkut bantuan logistik ke daerah-daerah berdampak tsunami. Foto-foto KLM Maruta Jaya saat misi pasca tsunami bisa dilihat di situs itu.

Sementara dari worldmaritimenews.com, menuliskan kapal ini sebagai Favorable Wind of The Seas, dalam artikel tanggal 21 November 2011. Kapal ini dibangun untuk melatih taruna-taruna laut dan turut berperan membantu pemulihan setelah tsunami melanda Indonesia pada 2004.

Dengan alasan yang tidak diketahui, penggunaan kapal ini sebagai kapal latih dihentikan. Kapal Maruta Jaya juga sempat digunakan untuk membantu ekskavasi pengangkatan kapal yang tenggelam di laut.

"Setelah operasi berakhir, kapal ini menjadi menganggur, dan diletakkan di pelabuhan Jakarta. Pemilik kapal, BPPT dengan Kemenko Kesra telah mencari solusi untuk merehabilitasi kapal," tulis World Maritime News.

Dalam visi dan misinya, masih dalam situs World Maritime News, kapal ini akan digunakan sebagai kapal latih, yang melatih para pemuda dan taruna laut untuk membangun karakter mereka. Kapal ini kini 'tergeletak' di Pelabuhan Tanjung Priok, menunggu untuk masuk dok, dengan perbaikan pada layar dan meningkatkan kapasitas hingga 50 orang, untuk pelatihan pemuda dan pelatihnya.

Kapal ini rencananya mulai masuk dok pada Januari 2012 hingga April 2012. Setelah masuk dok, kapal itu akan berlayar menuju Morotai atau perairan Halmahera, tergantung pada iklim dan angin.

Kebenaran dibalik berita tenggelamnya kapal "Habibie" masih simpang siur, malah ada wacana dari Kesatuan Pelaut Indonesia untuk membawanya ke Makamah Pelayaran, kita tunggu saja !

0 Response to "Tenggelamnya Kapal "Habibie""

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah