SEHARUSNYA MBAK. WANDA HAMIDAH EH SALAH WANDA NAINGGOLAN YANG POSTING BEGINIAN, BUKAN NGELAYANIN E-MAIL 2 YANG GAK JELAS.
BIAR KELIHATAN KALAU DIA ITU PINTER SKILL, GAK CUMA PINTER NGUMBAR KESALAHAN ORANG LAIN TANPA MEMBERI SOLUSI..
SALAM
BANG TOYIB
>
>-----Original Message-----
>From: winanto sucipto <winanto1502@yahoo.com>
>Sender: pelaut@yahoogroups.com
>Date: Mon, 10 Oct 2011 19:15:58
>To: pelaut@yahoogroups.com<pelaut@yahoogroups.com>
>Reply-To: pelaut@yahoogroups.com
>Subject: [pelaut] stability calculation
>
>Sekedar sharing
>aja daripada kita berdebat kusir yg tidak ada solusinya lebih baik kita belajar
>bersama tentang perhitungan stabilitas..berikut ini saya ulas sedikit prinsip
>stability calculation yg pernah diajarkan oleh capten & chief mate kepada
>saya sewaktu diatas kapal.
>Pada prinsipnya
>perhitungan stabilitas tidak terlalu rumit untuk dipelajari yg penting kita
>tahu dasar ilmu stabilitas tersebut ..dgn modal booklet stability & hydrostatic
>properties table kita dapat mengetahui GM & Draft akhir.
>Biasanya diatas
>kapal sudah ada form untuk isian perhitungan stabilitas.kalaupun blm ada kita
>bisa membuatnya sendiri baik secara perhitungan manual maupun dgn program excel pada computer.
>
>Ada tiga
>point penting yg didapat setelah kita mengisi kolom2 & menghitungnya yaitu
>:
>1. Displacement
>2. Total V Moment ( W x VCG )
>3. Total L Moment ( W x LCG )
>
>Untuk
>mencari nilai GM ada angka yg harus kita hitung & ada angka yg kita dapat
>dari hydrostatic properties table.
>Dalam hal
>ini saya asumsikan :
>1. Displacement = 5359,032
>2. Total V Moment =
>28713,887
>3. Total L Moment =
>234827,509
>4. LCG ( Total L Moment : Displacement ) = 43,820 m
>5. KG (
>Total V Moment : Displacement ) = 5,36 m
>6. GG' ( Total FSM x Density) = 0,979
>Di Displacement
>
>Setelah angka2
>diatas kita ketahui kemudian kita bisa cari Nilai nilai GM
>KM =
>6,87 m (dari table dgn argument
>Displacement)
>KG =
>5,36 m _
>GM =
>1,51 m
>GG' =
>0,979 m _
>GM
>akhir = 0,53 m
>
>Kemudian dgn
>argument Displacement trsebut kita buka hydrostatic properties table untuk
>mencari final draft.
>Didalam Hidrostatic
>Properties Table kita dapati :
>1. Displacement
>2. Mean Draft
>3. TPC
>4. MCT
>5. KMT
>6. LCB
>7. LCF
>
>Setelah itu
>kita hitung draft :
>1. Trim Lever ( BG ) = LCB – LCG
>2. Trim Moment =
>BG x Displacement
>3. Change of trim =
>Trim moment : (MCT x 100)
>4. Change of Draft Aft = (COT x LCF ) : LBP
>5. Change of Draft Fwd = COT – CODA
>Dengan
>asumsi Mean draft dari table kita hitung draft..ketemu sudah final draftnya
>& kapal bisa berlayar…
>
>Demikian sekedar
>mengingat pelajaran kembali bukan maksud untuk menggurui para senior officer..mohon
>bimbingan para senior, salam pelaut Indonesia..
>
>Best regards
>popeye semarang
>nnnn
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>
>
>
>
>[Non-text portions of this message have been removed]
>
2. ATTACHMENT akan dibanned, krmkan ke pelaut-owner atau upload ke FILE.
0 Response to "Re: [pelaut] stability calculation"
Posting Komentar