Menambahkan keterangan dari mas
winanto...iyo ki kayane mas ramli ngetes...hehehehe
sambil sebar2 cv dan cari
kerja,sekedar share karena milis ini adalah sebagai ajang berbagi ilmu tak ada
slahnya berbagi pengalaman sedikit...karena memang sesuai dengan keyakinan dan
kepercayaan saya,ada hadist yang berbunyi : rosullulah SAW bersabda : Jika
seseorang manusia meninggal dunia,maka terputuslah segala amalnya kecuali 3
perkara,yaitu : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang
soleh..(H.R.Muslim no1631) semoga ilmu ini bisa mengingatkan kembali pikiran
kita yang mungkin dulu ga tau sekarnag lupa...heheheh....(pa ustad ngelantur )
kembali ke lap......top
hehehe sekedar pembuka slam....ok
kembali ke kompass eror.
sekedar sharing...kalo denger kata2
kompas error di kapal kanyak nya lebih baik tidur ato apa ke...saya kutip dari
blog tetangga "Mending saya disuruh mencium asmirandah 1000 kali dari
pada disuruh mencari kompas error dengan membaring matahari" heheheh...
untuk mendapat kompas eror dapat
dilakukan dengan 2 cara :
yaitu 1. dengan membaring benda
darat 2. dengan membaring matahari ( benda angkasa)
cara yang ke 2 sudah dikelaskan
secara detil sama mas winanto
saya hanya menambahkan sedikit
sesuai pengalaman kadet saya sambil juga meng ingat2..
untuk membaring matahari mencari
kompas error :
1. alat yang digunakan adalah cirle
azimuth,stop watch,almanak nautika,DIP,buku tulis,pensil/pena
2. tulis posisi kapal,haluan kapal
dan waktu ( GMT) pada saat membaring matahari lalu star stop watch
3. tempatkan azimut cirle diatas
kompas magnet dan gyro repeater yang ada di kanan atau kiri kapal lalu baring
matahari ( usahakan pada waktu matahari terbit/tenggelam )sehingga akan
terpantul di mirror berapa baringan dari matahari lalu tulis baringan -baringan
tersebut bersama dengan point no 2.lalu stop stop watch. beda waktunya
untuk menentukan GMT sebenarnya
4.setelah itu semua didapat
kalkulasi didalam anjungan(biar ga panas)
didapat HS: dr repeater/master
gyroBS: dr repeater gyro BM :dari magnetic lalu masukan rumus sesuai yang mas
winanto jelaskan....
tapi......kalau kita ga mau repot2 baring matahari (silau men...hehehe)kita
bisa cari kompas error dengan menggunakan cara1 membaring benda darat yang
lebih gampang hehheheh...
1. pelaralatan yang dibutuhkan: azimut cirle juga bisa untuk membaring benda
darat kalau tidak ada diatas kapal bisa diganti lidi atau lebih gampangnya
menggunakan radar/arpa, pena dan buku
2. tulis posisi kapal dari GPS dan waktu GMT
2. baring benda darat menggunakan azimut cirle/lidi/radar/arpa didapat BP(jika
gyro)BM(jika magnetik)
3. plot posisi diatas peta dan baring diatas benda darat di peta akan didapat
BS
contoh:
BS = 66⁰BM = 69 ⁰ BP = 67⁰
Maka:
Variasi = (-)3W dari argument BS -
BM
Deviasi = (+)2E dari argument BM-BP
Salah tunjuk = (-)1 W dari argument
VAR + DEV
demikian yang bisa saya share,mohon dikoreksi apa bila ada yang slah...tak ada
gading yang tak retak tak ada manusia yang sempurna mohon maaf bila ada slah kata
semoga sukses slalu pelaut Indonesia
Best Regards,
Rulas Saptria
________________________________
From:winanto
sucipto <winanto1502@yahoo.com>
To: "pelaut@yahoogroups.com" <pelaut@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, October 19, 2011 7:44 AM
Subject: [pelaut] TANYA CARA MENGHITUNG KOMPAS EROR
wak ramli ngetes ni ye..hehe..
setahu saya ni kalau mancari kompas error ada beberapa cara antara lain dengan
penilikan benda angkasa menggunakan metode true amplitude dgn nories table
& bisa jg dgn menggunakan Nautical Almanak yg pada akhirnya adalah
mencari azimuth sejati benda angkasa tersebut.
saya mengambil contoh penilikan matahari..pertama tama disiapkan dulu pelorus /
penjerat celah untuk membaring matahari..kita bisa baring matahari dgn patokan
standart kompas,steering kompas maupun reapeter kompas. setelah selesai
membaring kita dapati azimuth matahari.. kita catat posisi lat/long &
waktunya kemudian dgn argument waktu penilikan tersebut kita gunakan almanak
nautica untuk mencari baringan sejatinya.
Contoh perhitungannya sbb :
BP = 066⁰
GMT = 23.00
GYRO = 125⁰
STNDRT = 123⁰
OBS POSITION = 00⁰- 17' N / 105⁰- 02,1' E
GHA Ѳ = 164⁰-
45,5'
Dec/zawal
= 23⁰- 23,9' N
INCR.
= 2,5'
GHA Ѳ = 164⁰- 48,0'
LONG = 105⁰- 02,1' E
LHA Ѳ = 269⁰- 50,1
P Ѳ = 90⁰- 09,9' T
A =
0,00 N (senama dgn lintang )
B =0,43
N (senama dgn
declinasi/zawal )
C =
0,43 N (lancip )
T Ѳ = N 66,7⁰E
BS Ѳ = 66,7⁰
BP Ѳ = 66⁰
Error = + 0,7 E
mohon di check apabila ada kesalahan....sukses selalu buat anda..
[Non-text portions of this message have been removed]
2. ATTACHMENT akan dibanned, krmkan ke pelaut-owner atau upload ke FILE.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar