Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Dua Kota Jadi Pusat Pengembangan Industri Kapal

Dua Kota Jadi Pusat Pengembangan Industri Kapal
Dua Kota Jadi Pusat Pengembangan Industri Kapal
(Antaranews.com)
Liputan6.com, Jakarta : Pengembangan industri komponen kapal akan difokuskan di dua wilayah ini, yakni DKI Jakarta dan Surabaya.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Budi Darmadi, mengatakan di dua lokasi tersebut, banyak tenaga kerja dan juga tenaga ahli di bidang perkapalan sehingga dinilai tepat.

Lebih jauh ia menuturkan membangun industri kapal bisa dimulai dari komponennya.

"Kapal ini kan harus ada kluster industrinya, makanya agak lama (berkembangnya). Sebenarnya kita sudah bisa bikin engine untuk kapal kecil. Sekarang yang mau dikejar yang menengah. Kalau yang besar kita belum bisa. Sekarang kita mau menggenjot industri komponennya dulu," jelas dia, Jumat (22/3/2013).

Budi yakin Indonesia mampu membuat presisi pada industri komponen otomotif. Ini menjadi pertanda, jika Indonesia juga mampu membuat komponen kapal.

Sebagai informasi kebutuhan kapal tahun ini mencapai 700 ribu dead weight ton. Dari kebutuhan tersebut produksi lokal belum bisa menghasilkan semua kebutuhan komponennya.

"Saat ini sudah ada steel center, sudah bisa bikin controlling box, baling-baling yang bikin ada di Batam, pompa-pompa dan badan kapal. Yang belum adalah marine cable, radar, dan engine untuk kapal besar," ujarnya.

Untuk membangun satu workshop industri komponen kapal lanjut Budi diperlukan investasi yang tidak terlalu besar antara US$ 5 juta-US$ 10 juta

0 Response to "Dua Kota Jadi Pusat Pengembangan Industri Kapal"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah