Marine Surveyor & Inspection Services

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)

0812-701-5790 (Telkomsel) Marine Surveyor PT.Binaga Ocean Surveyor (BOS)
Marine Surveyor

Jenis Kapal Laut untuk Perdagangan

Jenis-jenis Kapal Laut untuk Perdagangan

1. Kapal Container (Container Ships)

kapal container

Jenis kapal ini membawa sebagian besar barang hasil produksi di seluruh dunia, biasanya melalui layanan kapal yang sudah dijadwalkan (liner service).

2. Kapal Curah (Bulk Carriers)

bulk carrier

Jenis kapal transportasi yang mengangkut bahan baku seperti bijih besi, batubara, nikel dll. Ciri-cirinya ada alat pengangkat (hatch) yang dinaikkan di atas dek yang dapat mencakup/mengangkat muatan lebih banyak.

2. Tanker

kapal tanker

Jenis kapal yang mengangkut minyak mentah, bahan kimia dan produk minyak bumi. Kapal Tanker kelihatannya hampir seperti Kapal Curah (Bulk Carrier), tapi di atas dek nya ada flush dan dilindungi oleh jaringan pipa-pipa minyak dan ventilasi.

3. Kapal Feri dan Kapala Pesiar (Ferries dan Cruise Ships)

kapal feri

kapal pesiar

Kapal Feri biasanya melakukan perjalanan pendek untuk penumpang, mobil dan angkutan umum. Sebagian besar menggunakan kapal Ro-Ro (roll on - roll off) feri, di mana kendaraan dapat masuk teratur dan terarah, sehingga menjadi cara yang cepat dan mudah diakses untuk bepergian.
Permintaan untuk kapal pesiar berkembang pesat selama tahun 1980, yang menyebabkan suatu generasi baru 'hotel terapung' yang besar dan mewah.

4. Kapal Tunda ( Tug Boat)

kapal tunda

Kapal ini dapat digunakan untuk menarik tongkang (barge), pengawalan (assist tug), penanganan jangkar, membawa pasokan untuk industri minyak lepas pantai, penyelamatan, pemutus jalur es dan kapal penelitian.

5. Kapal Tongkang (Barge)

kapal tongkar

Kapal Tongkang biasa digunakan untuk mengangkut barang curah seperti batubara, pasir, nikel, dll. Kapal ini tidak memiliki mesin pendorong, jadi hanya bisa di tarik oleh kapal tunda (tug boat). Ukuran atau kapasitas tongkang yaitu 180ft, 250ft, 270ft, 300ft, dsb.
Saat ini di Indonesia banyak Tongkang digunakan untuk mengangkut batubara di wilayah Kalimantan dan Sumatera. Tongkang ini dapat di sewa seperti TB INDAH 1 dan BG SIP2701 ukuran 270ft.

0 Response to "Jenis Kapal Laut untuk Perdagangan"

Posting Komentar

Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

cek tiket pesawat murah